Apel Deklarasi dalam rangka pencanangan Kabupaten Kepahiang menjadi kota bebas Pungli


Pada Hari Rabu tanggal 9 Februari 2022 pukul 08.30 Wib bertempat di Lapangan Pemerintahan Kabupaten Kepahiang telah dilaksanakan kegiatan Apel Deklarasi dalam rangka pencanangan Kabupaten Kepahiang menjadi kota bebas Pungli yang dipimpin oleh Bupati Kab. Kepahiang selaku penanggung jawab UPP Kab. Kepahiang. Serta dihadiri oleh Ketua UPP Provinsi Bengkulu, Kombespol Asep Teddy Nurrasyah S.IK., MM. beserta tim Saber Pungli Provinsi Bengkulu.

Dalam sambutannya, Bupati Kepahiang Dr. Ir. HIDAYATTULLAH SJAHID, M.M., I.P.U., menyampaikan beberapa poin penting, yaitu : Saber Pungli/UPP Kab. Kepahiang berdiri pada tahun 2016, berdirinya Saber Pungli dilatarbelakangi oleh situasi yang berkembang dan kebutuhan hukum dalam rangka pencegahan atas pungutan   liar yang sering terjadi pada masa yang lalu, Berdasarkan Perpres Nomor 87 tahun 2016 dan di Kabupaten dikuatkan dengan  Surat keputusan Bupati Kepahiang Nomor 12 tahun 2022.

Dalam pelaksanaannya, kehadiran Saber Pungli / UPP Kab. Kepahiang telah banyak berperan melaksanakan beberapa agenda penting dalam  upaya pencegahan tindak Pidana Pungutan Liar di Kab. Kepahiang, diantaranya :

1.  Monitoring dan pengawasan pelaksanaan ADD/DD di seluruh Desa di Kab. Kepahiang.

2.  Monitoring dan pengawasan penyaluran Bansos baik yang bersumber dari APBN maupun dari APBD.

3.  Monitoring dan pengawasan Pelaksanaan Vaksinasi covid-19 di Puskesmas dan pusat pelayanan Kesehatan lainnya.

4.  Melaksanakan Program Percepatan Vaksinasi masal se-Indonesia

5.  Monitoring dan pengawasan Seleksi calon ASN Kab.Kepahiang.

6.  Monitoring dan pengawasan Pelaksanaan layanan jasa publik dari pemerintahan daerah.

7.  Telah mengungkap dan melakukan penindakan terhadap Tindak Pidana Pungutan Liar di Kab.Kepahiang sampai ke tingkat Pengadilan.

Dalam hal prestasi, Saber Pungli Kepahiang / UPP Kab. Kepahiang telah meraih beberapa penghargaan, yaitu :

1.  Pada tahun 2018, Penghargaan dari UPP Provinsi Bengkulu kepada UPP Kab.Kepahiang atas Predikat Satgas UPP terbaik ke-3 Se-Provinsi Bengkulu. 

2.  Pada tahun 2021, Penghargaan dari UPP Provinsi Bengkulu kepada UPP Kab.Kepahiang atas Predikat Satgas UPP terbaik ke-1 Se-Provinsi Bengkulu. 

3.  Pada tahun 2022, di anugrahkan dari UPP Republik Indonesia kepada UPP Kab.Kepahiang sebagai UPP Kota Bebas Pungli.

Pada Bulan Maret 2022 Kab.Kepahiang akan mendapat kunjungan dari tim Kemenpolhukkam dalam hal ini di pimpin langsung oleh Bapak MACHFUD.MD, guna meninjau langsung pelaksanaan UPP Kab.Kepahiang sebagai kota bebas Pungli.

Di akhir Kegiatan dilanjutkan dengan Penyerahan Piagam Penghargaan Dari Bupati Kabupaten Kepahiang Kepada SATGAS UPP Kabupaten Kepahiang dan  Penandatanganan Deklarasi Pencanangan Kabupaten Bebas Pungli oleh Para FKPD dan para Undangan lainnya.